Jumat, 06 Maret 2015

Penelokan, Kintamani Bali

Mengunjungi kawasan wisata alam Desa Batur atau Kintamani tidaklah lengkap apabila belum menjejak Penelokan. Dalam bahasa Bali, penelokan berarti tempat melihat-lihat. Pemberian nama ini tentunya beralasan. Penelokan memang tempat sempurna dan tepat untuk menyaksikan keindahan alam Gunung Batur dan Danau Batur di Kintamani, Bangli, Provinsi Bali. Penelokan berada di ketinggian sekira 1500 m dpl dan membentang sepanjang 11 km di hadapan Gunung Batur. Berada di ketinggian tersebut membuat kawasan ini bersuhu relatif sejuk dengan rata-rata suhu 22 ⁰C pada siang hari dan 16⁰C saat malamnya. Dari Penelokan, kemegahan alam berupa lanskap Gunung Batur beserta kalderanya yang disebut-sebut sebagai salah satu kaldera terindah di dunia tersaji di depan mata.


Belum lagi ditambah keindahan Danau Batur yang memang memesona dengan beningnya air danau berbentuk serupa bulan sabit. Danau yang merupakan danau terluas di Bali ini memiliki panorama cantik sebab dilingkung pemandangan Gunung Batur dan Gunung Abang. Panorama alam yang spektakuler tersebut kemudian dibingkai oleh birunya langit luas yang berhias awan putih pekat. Keanggunan dan kecantikan alam pegunungan Batur serupa latar yang sempurna untuk membingkai kenangan selama menghabiskan waktu di Penelokan. Bayangkan Anda bangun di pagi hari disambut dengan sejuk dan bersihnya hawa pegunungan jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan polusi. Di kejauhan, dari jendela kamar Anda, Gunung Batur yang gagah tampak menjulang indah. Keindahan itu bertambah dengan panorama Matahari terbit. Menikmati santapan berlatar pemandangan hijau sambil bercengkrama bersama sahabat atau pun orang-orang terkasih di Penelokan akan menjadi kenangan yang manis. Saat siang menjelang, permukaan danau yang bening dan tenang tampak berkilau memantulkan cahaya Matahari. Saat malam, bintang-bintang di langit yang menaungi Gunung Batur dan Danau Batur adalah sajian alam yang tak kalah indah. Sungguh sebuah tempat berlibur dan relaksasi yang sempurna. 


KEGIATAN
Esensi dari sebuah liburan salah satunya adalah mengusir kepenatan akibat rutinitas. Berlibur ke Penelokan, bahkan dengan hanya duduk-duduk saja sambil memandangi panorama alam yang luar biasa cantik, nampaknya sudah dapat memenuhi tujuan tersebut. Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, pesona alam pegunungan dilihat dari Penelokan memang sudah terkenal di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara sehingga mereka datang berbondong-bondong untuk menyambanginya. Selain itu, udara yang sejuk, bersih, dan segar tentunya baik bagi tubuh dan pikiran. Apabila ingin mengetahui lebih dekat tentang sejarah Gunung Batur, Anda dapat mengunjungi sebuah museum yang baru diresmikan pada 10 Mei 2007. Museum ini menyimpan aneka jenis batuan yang berasal dari gunung api berikut penjelasannya serta peralatan yang digunakan ilmuwan dalam penelitian terhadap gunung api. Selain itu, ada juga foto-foto Gunung Batur dan beberapa gunung api yang ada di Indonesia serta penjelasannya. Ada juga cerita tentang mitologi berkenaan Gunung Batur. Film dokumenter tentang sejarah perkembangan Gunung Batur dan catatan letusannya dapat disaksikan di sini. Di ruang pengamatan, Anda dapat mengamati aktivitas Gunung Batur dengan menggunakan teropong. Tarif masuk museum adalah Rp20.000 (dewasa) dan Rp 15.000 (anak-anak).


Di kaki Gunung Batur, Anda dapat pula singgah ke Toya Bungkah, yaitu sebuah kawasan wisata yang terkenal karena pemandian sumber air panasnya. Dari Penelokan, ada jalan menurun yang menghubungkan Penelokan dengan Desa Kedisan. Dari Kedisan, Anda dapat menyewa perahu untuk menyeberangi Danau Batur dan tiba di Desa Trunyan, sebuah desa yang dihuni suku asli Bali (Bali Aga). Di Trunyan, objek wisata yang menarik dikunjungi adalah Pura Pusering Jagat yang berarti Pusar Pulau Bali. Pura dengan  gaya aritekturnya yang unik ini berdiri di bawah sebuah pohon banyan besar. Selain itu, Desa Trunyan terkenal karena makam terbukanya yaitu mayat tidak dikuburkan melainkan disimpan begitu saja di atas batu dan dipagari anyaman daun atau bambu. Uniknya mayat tersebut tidak berbau busuk sebab konon pohon taru menyan yang tumbuh di sekitar makam mampu menetralisir bau busuk tersebut. Selain wisata alam, Pura Ulun Danu Baturyang terletak di Desa Kalanganyar, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli juga menarik untuk disambangi. Pura yang terdiri dari 9 kompleks ini dibangun sebagai tempat memuja Dewi Batari Ulun Danu atau dewi penguasa danau. Pura ini dikenal juga sebagai pura terbesar kedua di Bali setelah Pura Besakih. Sekira 45 desa di Bali datang ke pura ini untuk beribadah dan memberikan persembahan. Sebelum ke Pantai Lovina, penelokan adalah jalur yang akan Anda lalui. Pantai Lovina adalah salah satu pantai yang indah dan menarik untuk disambangi di Bali. Pantai cantik ini menawarkan pemandangan dunia bawah laut yang kaya. Pantai tenang ini juga terkenal sebab menjadi tempat atau jalur bagi sekira 500-1000 lumba-lumba yang kerap terlihat di kawasan Pantai Lovina. 


AKOMODASI
Mengingat Penelokan adalah salah satu kawasan wisata unggulan di Kintamani dan sekitarnya maka di sini ada sejumlah akomodasi yang memadai. Bahkan dapat dikatakan bahwa desa ini penuh oleh hotel, penginapan, restoran yang memang dibangun khusus untuk menikmati pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Kebanyakan tempat-tempat tersebut menjadikan panorama pegunungan Batur sebagai latar yang memang menawan.

TIPS
Suhu udara di Penelokan relatif sejuk atau lebih dingin dibanding kawasan lain di Kintamani. Oleh karenanya, jangan lupa mengenakan baju hangat atau syal. Pastikan kamera Anda dalam kondisi prima dan siap sebab Anda tentu ingin mengabadikan panorama alam yang indah dan spektakuler. Pakailah sepatu yang nyaman apabila Anda ingin trekking atau mendaki menuju puncak Gunung Batur. 


TRANSPORTASI
Berjarak sekira 63 km dariDenpasar, ibu kota Provinsi Bali, perjalanan menuju Penelokan dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5-2 jam berkendara. Anda dapat menyewa mobil dari bandara atau menumpang angkutan umum berupa bemo. Dari Bangli, ibu kota Kabupaten Kintamani, Penelokan berjarak sekira 23 kilometer atau perjalanan berkendara sekira 20 menit saja. 

KULINER
Sebagian besar restoran dan rumah makan di kawasan Penelokan menawarkan paket wisata kuliner dan wisata alam sekaligus. Menu sajian utama biasanya adalah ikan air tawar yang berasal dari Danau Batur dan juga menu lainnya yang terbilang beragam. Menikmati suguhan kuliner di kawasan Penelokan tentu memiliki keunggulan dan kesan tersendiri sebab restoran dan rumah makan memang sengaja menawarkan sensasi wisata kuliner sambil menikmati keindahan pemandangan Gunung Batur, Danau Batur, dan Gunung Abang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar