Sabtu, 25 April 2015

Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur


Inilah salah satu taman nasional terbaik di Pulau Jawa dengan luas 58.000 hektar dan memiliki 5 vegetasi yaitu: hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa, hutan rheophyte, dan hutan hujan dataran rendah. Anda dapat melakukan wisata petualangan hutan dan pantai di sini. Saat Anda datang ke sini dan melihat hewan-hewannya maka biarkanlah keberadaan dan kemunculan mereka sebagai bagian dari tampilan atraksi bagi Anda. Tidak ada yang lebih patut diambil dari taman nasional ini kecuali oleh-oleh cerita atau potret keindahannya melalui kamera Anda. Taman Nasional Meru Betiri terletak di pesisir selatan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.  Nama Meru Betiri sendiri diambil dari nama gunung yang ada di dalam kawasan Taman Nasional ini yaitu Gunung Meru (500 meter dpl) dan Gunung Betiri (1200 meter dpl). Meru Beriti merupakan  rumah bagi habitat terakhir harimau loreng jawa (Panthera tigris sondaica).  Hewan tersebut tidak pernah dapat ditemukan lagi dan diperkirakan telah punah menyusul 3 jenis harimau lain yang telah punah terlebih dahulu yaitu harimau kaspia dari Iran, harimau bali dan harimau jawa dari Indonesia.  Di dunia ada 8 jenis harimau dan Indonesia adalah yang salah satunya yang  memiliki jenis beragam. Flora jenis langka dan dilindungi di sini adalah Balanhopora fungosa yaitu tumbuhan jenis parasit yang hanya terdapat di sekitar Teluk Hijau dan Bandealit. Taman Nasional Meru Betiri adalah lokasi sempurna bagi Anda yang hobi berpetualang di alam bebas. 


Di Taman Nasional Meru Betiri ada 29 jenis mamalia dan 180 jenis burung, semuanya termasuk satwa yang dilindungi. Satwa-satwa tersebut di antaranya adalah penyu lekang/ridel (Lepidochelys olivacea), banteng (Bos javanicus javanicus), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), harimau Jawa (Panthera tigris sondaicus), macan tutul (Panthera pardus melas), ajag (Cuon alpinus javanicus), bajing terbang ekor merah (Iomys horsfieldii), merak (Pavo muticus), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), kucing hutan (Prionailurus bengalensis javanensis), rusa (Cervus timorensis russa), (Cervus unicolor), Accipiter trivirgatus, Falco moluccensis, Hieraaetus kienerii, Otus lempiji, Glaucidium castanopterum, elang Spizaetus alboniger. Sementara tumbuhan yang menghuninya sekitar 293 jenis diantaranya adalah: bunga raflesia (Rafflesia zollingeriana), beberapa jenis tumbuhan lainnya seperti bakau (Rhizophora sp.), bungur (Lagerstroemia speciosa), pulai (Alstonia scholaris), bendo (Artocarpus elasticus),  api-api (Avicennia sp.), waru (Hibiscus tiliaceus), nyamplung (Calophyllum inophyllum), rengas (Gluta renghas), dan beragam tumbuhan obat-obatan.


KEGIATAN
Ada beragam kegiatan yang dapat Anda lakukan di Taman Nasional Meru Betiri. Kegiatan Jungle Tracking adalah hal yang cukup menantang baik berupa trackingatau hiking. Wisata petualangan ini dapat Anda lakukan dengan rute: Trans Bandealit-Teluk Meru (menginap)-Teluk Permisan (menginap)-Sukamade dengan waktu tempuh 2  hingga 3 hari. Di Sukamade, Anda dapat melihat habitat penyu bertelur dan naik ke pantai, serta saat tukik yang menetas dilepasliarkan kembali ke laut. Jenis penyu yang dapat Anda lihat adalah penyu belimbing, penyu sisik, dan penyu lekang (ridel). Monyet dan lutung hitam juga banyak ditemukan di pinggir hutan yang berbatasan dengan perkebunan karet. Sebelum Anda berkunjung ke Sukamade Anda akan melihat pemandangan perkebunan karet dan kakao yang sangat jarang ditemukan di dunia. Di Rajegwesi ada desa konservasi dan wisata bahari. Anda dapat menghabiskan waktu dengan untuk berwisata budaya karena ada nelayan tradisional di sini. Anda dapat juga berenang di pantainya yang alami. Di sini ada juga  Teluk Hijau dan Teluk Damai yang terletak tidak jauh dari pantai Rajegwesi. Di Bandealit, Anda dapat berkano dan berenang. Ada pula tempat  penangkaran rusa (Cervus timorensis) atau melihat habitat Rafflesia zollingeriana di blok Krecek. Anda juga dapat melihat-lihat Goa Jepang di Bandealit.


KULINER
Anda perlu membawa bekal makanan sendiri atau membelinya sebelum memasuki kawasan taman nasional ini. Saat di Jember Anda dapat mencicipi makanannya yang khas dan lezat. Beberapa jenis makanan khas Jember adalah suwar-suwir, proll tape, jenang waluh, brownis tape, dodol tape, kacang kedelai jepang edamame, dan terasi ruger. Berikut ini beberapa tempat makan yang dapat Anda pilih di Jember. 


TIPS
Saat yang tepat untuk mengamati penyu di Patai Sukamade adalah saat musim kering. Sementara saat musim hujan jalanan ke taman nasional ini cukup bermedan berat dan melewati sungai yang kadang meluap saat hujan deras. Musim kunjungan terbaik adalah  bulan Mei hingga September setiap tahunnya.


AKOMODASI
Di Taman Nasional Meru Betiritidak diperkenankan untuk dibangun sarana wisata yang permanen. Anda yang ingin menginap di sini perlu melaporkan dahulu ke kantornya terlebih dahulu dengan menginap di Pos yang tersedia di beberapa titik. Fasilitas penginapan memadai ada di Sukamade.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar