Kamis, 09 April 2015

Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur


Taman Nasional Kutai (TNK) adalah hutan tropis dataran rendah di Kalimantan Timur. TNK memiliki luas wilayah 198.629 hektar. Keanekaragaman hayati dan vegetasinya menjadikan taman ini tempat tujuan menarik bagi masyarakat lokal begitu juga bagi para pecinta alam dan peneliti dari berbagai negara. Saat ini, sekitar 900 jenis tanaman di taman ini telah diidentifikasi. Untuk pelajar setempat misalnya di Bontang dan Sangatta, TNK adalah fasilitas untuk belajar tentang alam. Dua lokasi di TNK yang sering dikunjungi wisatawan adalah Sangkima dan resor Prevab. Pengunjung akan dibebani biaya masuk sebesar Rp1, 500 untuk pengunjung lokal dan Rp15, 000 untuk pengunjung asing.


TRANSPORTASI
Secara administratif, TNK terletak di Kutai Timur, kabupaten Kartanegara,  kota Bontang. Sangkima terletak di km 38 jalan Bontang-Sangatta. Prevab resor terletak di dekat desa Swarga Bara, Kompleks KPC, Sangatta, Kutai Timur. Untuk masuk TNK, pengunjung terlebih dahulu harus melapor ke aula TNK di jalan Awang Long, Pos I, Bontang atau Divisi Pengelolaan Taman Nasional Sangatta di jalan Dr Sutomo No. S-27 Swarga Bara, Sangatta untuk mendapatkan Izin Masuk ke Kawasan Konservasi (SIMAKSI). Resor Sangkima dapat diakses oleh mobil atau minibus dari rute Bontang-Sangatta. Untuk mengunjungi resor Prevab, bagi mereka yang menggunakan perahu motor dari Sangatta (jembatan Pinang selama 1 jam perjalanan) atau dari Pangkalan Kabo Jaya (dermaga Papa Charlie), desa Swarga Bara akan memakan waktu  20 menit melalui sungai. Jika Anda berangkat dari Balikpapan, Anda dapat naik taksi ke Sangatta sebesar Rp 900.000-Rp 1.000.000. Dari Samarinda, bus tersedia dari Samarinda-Bontang-Sangatta. Dengan menggunakan bus ini, Anda dapat sampai di tempat wisata Sangkima.


KEGIATAN
TNK memiliki dua resor yang menjadi favorit bagi wisatawan dan peneliti yaitu Sangkima dan Prevab. Dalam Sangkima, pengunjung bisa melihat pohon kayu besi(Eusideroxylon zwageri) dengan diameter 2,47 meter. Pengunjung juga dapat menguji adrenalin mereka dengan melewati jembatan gantung yang terbuat dari kayu besi. Sedangkan di dalam Prevab, pengunjung bisa melihat kehidupan orang utan (Pongo pygmeus) di habitat asli mereka dan proses restorasi yang saat ini berlangsung setelah kebakaran hutan pada tahun 1997-1998. Selain itu, TNK juga menyediakan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat berbagai jenis satwa langka dan berbagai tumbuhan.


KULINER
Di resor Prevab, para wisatawan bisa memasak makanan mereka sendiri seperti sayuran yang tumbuh di dekat hotel tempat mereka menginap.

BERKELILING
Berkeliling taman ini paling baik dengan berjalan kaki. TNK juga menyediakan pemandu untuk mengantar Anda berkeliling. Karyawan KNP akan selalu siaga di pos-pos Sangkima atau Prevab. Atau, Anda juga dapat berkeliling dengan menggunakan ketinting atau perahu motor.


BERBELANJA
Sambil menunggu Izin Masuk ke Kawasan Konservasi (SIMAKSI), kita bisa membeli cindera mata di aula TNK Bontang seperti gantungan kunci dan t-shirt.


TIPS
Jika Anda ingin mengunjungi resor Prevab di TNK, dibutuhkan lebih dari satu hari untuk melakukannya. Anda harus tinggal setidaknya dua malam di daerah tersebut. Harap membawa pakaian ekstra, senter dan persediaan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar