Kamis, 05 Februari 2015

Wisata Alam


Perjalanan yang memanfaatkan potensi sumber daya alam dan tata lingkungan sebagai objek tujuan wisata, itu merupakan ari singkat dari wisata alam. Definisi wisata alam adalah kegitan rekreasi dan ariwisata yang memanfaatkan potensi alam untuk menikmati keindahan alam baik yang masih alami atau sudah ada usaha budidaya, agar ada dayabtarik wisata ke tempat tersebut.


Wisata alam layak digunakan sebagai penyeimbang hidup setelah melakukan aktifitas yang sangat padat, dan suasana keramaina kota. Sehingga dengan melakukan wisata alam maka tubuh dan pikiran kita menjadi segar kembali dan bisa bekerja dengan lebih kreatif lagi karena dengan wisata alam memunginkan kita memperoleh kesenangan jasamani dan rohani.


Dalam melakukan wisata alam kita harus melestarikan area yang masih alamu, memberi manfaat secara ekonomis dan mempertahankan keutuhan budaya masyarakat setempat sehingga bisa menjadi Desa wisata, agar desa tersebut memiliki potensi wisata yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti alat transportasi atau penginapan.
Sedangka aturan wisata alam menurut undang-undang No.5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Taman wisata alam adalah kawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan untuk pariwisata dan ciri khas tertentu, baik di darat maupun diperairan yang mempunyai sistem penyangga kehidupan, pengawetan kaeneka ragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.


Pasal 31 dari undang-undang No.5 tahun 1990 menyatakan bahwa dalam taman wisata alam dapat dilakukan kegiatan untuk kepentingan penelitian, inlu pengetahuan, pendidikan, menunjang budaya, dan wiasta alam. Pasal 34 menyatakan pula bahwa pengelolaan taman wisata dilaksanakan oleh pemerintah.
Wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata. Berdasarkan pengertian diatas, Wisata Alam memiliki pengertian wisata (obyek wisata) yang daya tarik utamanya adalah bersumber kepada keindahan alam, sumber daya alam dan tata lingkungannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar