Sabtu, 28 Februari 2015

Tegalalang, Gianyar Bali

Bali menemptkan Tegalallang sebagai salah satu di antara deretan list tujuan wisata yang wajib Anda kunjungi. Mengapa Anda wajib mengunjungi tempat ini? Itu karena tempat ini sejak dulu terkenal sebagai sawah terasering yang indah. Tegalallang merupakan areal pesawahan indah dan memukau seluas 61,80 km² dengan teras-teras di perbukitan serta pertanian berkontur yang dapat menahan erosi air dan angin. Keunikan Tegalallang atau disebut juga Terasering Ceking menyajikan untuk Anda areal persawahan yang tertata apik dengan terasiringnya yang rapi buah tangan petani Bali. Selain menyajikan panorama area persawahan dan pemandangan alam yang menyejukan mata, juga sambutan hangat dan sapaan ramah penduduknya akan membuat Anda berhasrat datang kembali lagi ke Bali.




BERBELANJA

Tepat di atas sawah di pinggir jalan ada toko-toko kerajinan yang menjual beragam buah tangan khas Bali yang dapat Anda beli untuk oleh-oleh. Kualitasnya bagus dan sangat indah. Dalam perjalanan pergi atau pulang dari sawah indah Tegalallang ratusan toko-toko kerajinan dan manufaktur akan Anda lewati. Aneka kerajinan tangan berbentuk jerapah, kucing-kucingan, dolphin, yang terbuat dari kayu atau besi. Ada juga beragam lukisan dan aneka model tas dari beragam bahan, ukiran batu padas kecil, ukiran kayu murah meriah, topeng kayu, beragam kerajinan tangan dari kaca yang dibentuk menjadi vas bunga, botol unik, piring-piring, semuanya ada di sini.  Toko dan showroom ini berjejer sepanjang 10 km. Wilayah ini tumbuh subur menjadi sentra kerajinan seni. Barangkali hanya kecamatan ini yang memiliki deretan art shopterpanjang di dunia.



KEGIATAN
Di Tegalallang Anda dapat menikmati suasana sawah pedesaaan yang sangat indah. Banyak wisatawan datang dari dan ke Kintamani singgah di tempat ini untuk menyaksikan keindahan pemandangan sawah berteras indah menghijau sembari makan siang atau menikmati kudapan khas Bali ditemani minuman kelapa dingin yang nikmat. Sebuah beranda gazebo di atas sawah milik sebuah cafe menyediakan lesehan yang nyaman dilengkapi dengan meja. Secangkir kopi atau teh Bali dapat mengantarkan Anda menikmati indahnya pagi atau sore hari yang indah di Bali. Selain hamparan sawah, Anda juga dapat berjalan menuruni bukit pesawahan ini dan melihat pohon-pohon kelapa yang siap menjadi background foto yang bagus. Ada anak-anak kecil berjualan foto dan menawarkannya kepada wisatawan asing. Yang menarik mereka mampu tawar-menawar dalam beberapa bahasa asing, sesekali dengan bahasa Inggris, Jepang, Cina, atau Perancis. Mereka sangat ramah dan tidak akan sangat memaksa menawarkan foto-foto indah itu.



KULINER
Tepat di atas terasering undah ini ada cafe yang meyajikan beragam makanan dan kudapan khas Bali. Di sini tersedia beberapa gazebo yang tepat menghadap pesawahan indah. Suasananya sangat nyaman dan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Apabila Anda ingin mencicpi makanan Bali yang lebih lengkap cobalah mengunjungi salah satu tempat ini.    




TRANSPORTASI
Objek wisata Tegalallang terletak di daerah Gianyar, sekitar 20 menit dariUbud dan 1 jam dari Denpasar ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi atau sewaan.


TIPS
Sangat dianjurkan Anda menggunakan pakaian yang casual dengan sandal atau sepatu ringan untuk berjalan di jalan setapak pesawahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar