Minggu, 08 Februari 2015

Manfaat Pariwisata

Karena pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung melibatkan masyarakat, jadi secara langsung pastinya dapat membawa manfaat untuk masyarakat luas atau masyarakat setempat. Manfaat pariwisata dapat kita lihat di berbagai aspek/segi kehidupan misalnya yaitu dalam segi ekonomi, social budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan& ilmu pengetahuan, peluang dan juga kesempatan kerja.

a. Manfaat dalam segi ekonomi


Dalam segi ekonomi pariwisata dapat menghasilakan devisa yang besar untuk negara sehingga meningkatkan perekonomian negara. Penghasil devisa dari sektor pariwisata berbeda dengan yang diterima dari sektor lainnya. Dalam kegiatan ekspor penerimaan devisa diperoleh dengan mengirimkan barang-barang atau komoditi ekspor lainnya ke luar negeri. Akan tetapi dalam industri pariwisata, komoditi yang dijual tidak bergerak melainkan pembelinya yang datang menikmati produk yang ditawarkan. Makin banyak wisatawan yang datang, secara teoritis akan meningkatkan penerimaan devisa negara. Secara praktis masuknya devisa negara melalui industri pariwisata melalui :
  1. Hasil penjualan tiket maskapai penerbangan nasional untuk mencapai negara dan kembali berikut penerbangan domestik.
  2. Biaya taxi dan bus wisata untuk transfer dari dan ke airport, dan hotel.
  3. Sewa kamar hotel selama menginap pada beberapa kota yang dikunjungi.
  4. Pengeluaran wisatawan untuk makanan dan minuman pada Bar dan Restoran, baik di dalam maupun di luar hotel dimana mereka menginap.
  5. Biaya sightseeing dan excursion atau tours pada kota-kota yang dikunjungi pada negara tujuan .
  6. Biaya transportasi lokal untuk keperluan pribadi dalam kota yang dikunjungi.
  7. Pengeluaran untuk membeli barang-barang cinderamata serta barang-barang lainya yang dibeli pada beberapa kota yang dikunjungi.
  8. Fee untuk perpanjangan visa di tempat atau kota yang dikunjungi (apabila diperlukan)

b. Manfaat dalam segi seni budaya


Manfaat Pariwisata dapat pula terlihat dari segi seni Budaya. Dengan berkembangnya suatu objek pariwisata, maka akan membawa pemahaman dan keterkaitan antar budaya melalui interaksi pengunjung wisata (turis) dengan masyarakat lokal tempat daerah wisata tersebut berada. Dari interaksi inilah para wisatawan dapat mengenal dan menghargai budaya masyarakat setempat dan juga memahami latar belakang kebudayaan lokal yang dianut oleh masyarakat tersebut.

c. Manfaat dalam segi lingkungan hidup


Dapat mendatangkan manfaat dalam segi lingkungan hidup, karena sebuah objek wisata jika ingin banyak pengunjung yang tertarik haruslah dijaga akn kebersihanya. Sehingga kita dengan tidak langsung akan selalu menjaga kebersihan sekitar. Dengan begitu, pembangunan pariwisata tidak mengakibatkan dampak-dampak negatif terhadap lingkungan dan penurunan kualitas tanah atau lahan pertaninan baik lahan perladangan maupun persawahan. Kelestarian hutannya masih tetap terjaga dengan baik. Masyarakat secara bersama-sama dan sepakat untuk melestarikan hutannnya dan tanpa harus ketergantungan terhadap hutan tersebut. Pada dasarnya masyarakat lokal telah sadar terhadap perlunya pelestarian hutan, karena kawasan hutan yang dimaksud merupakan daerah resapan air yang bisa dipergunakan untuk kepentingan hidupnya maupun mahluk hidup yang lainnya serta untuk keperluan persawahan.

d. Manfaat dalam segi pergaula dan ilmu pengetahuan


Manfaat dari segi pergaulan adalah kita banyak mempunyai teman dari berbagai negara dan kita bisa mengetahui karakteristik dari negara negara tersebut, sehingga kita bisa mempelajari bagaimana kebiasaan yang baik di masing-masing nagara. Selain itu kita juga mendapat manfaat ilmu pengetahuan dari pariwisata karena dengan mempelajari pariwisata kita juga bisa tahu dimana letak dan keunggualn sebuah objek wisata sehingga kita bisa mempelajari mengapa sebuah objek wisata tersebut bisa maju dan bisa menerapkan di daerah objek wisata daerah kita yang belum berkembang dengan baik.

e. Manfaat dalam segi peluang dan kesempatan kerja


Sudah jelas, pariwisata juga menciptakan kesempatan kerja. Objek objek pariwisata tentunya membuka banyak sekali peluang kerja untuk berbagai profesi profesinya. Tentunya tenga kerja yang langsung berhubungan dengan pariwisata. Di samping itu,pariwisata juga menciptakan menciptakan peluang kerja yang tidak berhubungan langsung dengan pariwisata.Yang terpenting di bidang kontruksi bangunan dan jalan. Banyak sekali bangunan yang didirikan untuk hotel,restoran,toko artshop,dll. Wisatawan-wistawan juga memerlukan makan dan minum,ini semua secara tidak langsung menciptakan lapangan kerja di bidang pertanian.Jadi, pariwisata mempunyai banyak manfaat dari segi peluang dan kesempatan kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar